Tips Olah Bumbu Agar Masakan Harum

By | September 12, 2018
Spread the love

Sering kali Kita tergoda untuk memakan suatu masakan hanya karena mencium harumnya atau melihat foto masakan yang menggiurkan di internet. Tak bisa dipungkiri memang, bau harum masakan memang membangkitkan selera makan Kita. Namun apa jadinya ketika masakan yang Kita masak tak memiliki keharuman seperti yang biasa Kita cium di warung makanan?

Ternyata kuncinya ada di dalam cara mengolah bumbu yang Kita pakai untuk memasak. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam berupa rempah-rempah yang beraneka ragam variannya. Dari kesemua rempah, ada beberapa yang sering Kita gunakan untuk memasak dalam kehidupan sehari-hari Kita.

Beberapa Cara Olah Bumbu Agar Supaya Masakan Berbau Harum

Jika masakan Anda masih belum mengeluarkan bau harum yang Anda harapkan maka mungkin saja Anda belum mengolah bumbu atau rempah dengan baik dan benar. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengolah bumbu dengan baik dan benar agar masakan memiliki bau yang harum menggoda selera.

  • Dibakar

Pernahkah Anda membakar terlebih dahulu bumbu yang akan Anda gunakan untuk memasak. Jenis bumbu yang biasanya akan mengeluarkan aroma khasnya ketika dibakar dan bisa meningkatkan cita rasanya adalah terasi dan kunyit. Aroma dan rasa terasi akan lebih tajam ketika dibakar terlebih dahulu. Kemudian untuk kunyit, Anda bisa mendapatkan rasa dan warna kuning yang lebih pekat setelah membakarnya dalam kondisi belum dikupas.

  • Iris atau ikat

Kemudian cara mengolah bumbu atau rempah yang kedua adalah dengan cara mengirisnya tipis seperti misalnya untuk daun bawang dan seledri. Untuk jenis bumbu yang diikat misalnya seperti daun pandan, sereh atau daun bawang juga bisa Anda masukkan ke dalam masakan dalam kondisi diikat terlebih dahulu.

  • Geprek

Kemudian untuk cara olah bumbu yang ketiga adalah dengan cara menggepreknya. Geprek atau memarkan adalah salah satu cara olah rempah khusus pada lengkuas, jahe dan serai. Dengan menggepreknya maka cita rasa yang tersimpan di dalamnya bisa keluar lebih maksimal karena beberapa bumbu tersebut memiliki kulit yang tebal dan keras.

  • Sangrai

Kemudian cara yang terakhir adalah dengan cara sangrai. Sangrai adalah menggoreng bumbu di wajan penggorengan namun tanpa menggunakan minyak. Bumbu yang disangrai seperti ketumbar dan kemiri akan mengeluarkan minyak yang memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Namun usahakan untuk menyangrai bumbu ketika akan dimasak langsung karena ketika disimpan kembali maka rasa dan aroma akan berubah kembali.

Tips Memasak Ayam Agar Memiliki Bau Yang Khas dan Wangi Lezat

Salah satu jenis masakan yang juga sering mengeluarkan harum yang menggoda adalah ayam kecap dan Nasi Tumpeng Mini Jakarta. Banyak orang yang menyukai jenis masakan yang satu ini dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Lalu bagaimana cara memasak ayam dengan benar agar supaya bisa mengeluarkan keharuman yang menggoda?

Yang pertama kali harus Anda perhatikan dalam pemilihan ayam yang segar. Ayam yang segar akan membuat aroma dan rasa bumbu yang dipakai lebih maksimal kinerjanya. Sehingga secara otomatis bau harum menggoda pun akan langsung menguar dari masakan ayam kecap yang sedang Anda masak.

Kemudian yang kedua adalah potong ayam dalam potongan yang kecil. Biasanya Anda bisa memesan pada tukang ayam potong agar supaya bisa memotong kecil ayam yang Anda pesan. Potongan yang kecil akan membuat bumbu masak yang digunakan lebih meresap dan mengeluarkan aroma sedap yang menggoda selera Anda. Itulah beberapa cara untuk memaksimalkan penggunaan bumbu dalam masakan Anda agar supaya mengeluarkan aroma harum yang menggoda selera.