Tips Makan Rambutan Agar Tidak Batuk dan Manfaatnya untuk Kesehatan

By | July 18, 2020
Spread the love

Tips Makan RambutanRambutan termasuk buah yang disukai oleh masyarakat di Indonesia. Apalagi saat musimnya sudah tiba, maka banyak orang mencari buah rambutan. Rambutan merupakan buah yang unik mempunyai warna merah menyala dan dikelilingi oleh rambut. Akan tetapi tidak semua orang bebas memakan buah rambutan, karena ada yang menganggap buah rambutan dapat menyebabkan rasa batuk apalagi dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu ada tips makan rambutan agar tidak batuk

Tips Makan Rambutan

Rambutan menyebabkan batuk? 

Berdasarkan hasil penelitian medis memang belum dapat dipastikan jika buah rambutan dapat menyebabkan batuk. Namun pada orang yang sudah terlebih dahulu menderita batuk, rambutan akan merangsang produksi lendir yang berlebihan di tenggorokan. Bagi orang yang tidak batuk justru rambutan sangat baik untuk daya tahan tubuh.  Akan tetapi untuk menghindari hal-hal yang mengganggu maka sebaiknya perhatikan tips makan rambutan agar tidak batuk

Tips makan rambutan agar tidak batuk

Seseorang yang mengalami batuk sesudah memakan buah rambutan memang dapat disebabkan karena reaksi fisiknya sendiri. Kemungkinan seseorang tersebut sensitif pada kandungan gula atau memiliki alergi sehingga membuatnya batuk terus menerus. Untuk menghindari batuk saat memakan buah rambutan, berikut ini adalah tips makan rambutan agar tidak batuk antara lain:

  • Memisahkan kulit biji dari buahnya 

Batuk yang muncul setelah makan buah rambutan bisa saja disebabkan karena kurang rapi saat mengkonsumsinya. Rambutan mempunyai biji yang terkadang masih menempel walaupun sudah dikupas. Untuk menghindari kulit biji rambutan, maka sebaiknya pisahkan terlebih dahulu kulit dan biji rambutan dari daging buahnya hingga benar-benar bersih. 

  • Membasuh rambutan dengan air garam 

Sebelum mengkonsumsi buah harus dicuci terlebih dahulu. Sebaiknya basuh rambutan menggunakan air garam. Caranya kupas terlebih dahulu buah rambutan dan basuh buah menggunakan larutan air garam dengan waktu yang cukup lama. Kemudian buah langsung bisa dimakan. 

  • Minum air hangat setelahnya 

Sebagian orang memiliki rasa sensitif dan alergi pada zat glukosa yang terkandung dalam buah rambutan. Maka disarankan untuk langsung meminum air hangat setelah memakan buah rambutan. Hal tersebut dapat mengurangi rasa tidak nyaman atau gatal pada tenggorokan yang bisa menimbulkan batuk-batuk. Air hangat berfungsi untuk mencairkan lendir atau dahak yang bisa merangsang rasa batuk secara alami. 

  • Setup rambutan 

Cara mengolah rambutan menjadi setup yaitu mengupas terlebih dahulu rambutan dari kulit dan  bijinya. Jika perlu rambutan bisa dipotong sesuai selera. Kemudian masukkan atau rebus rambutan dalam air mendidih dengan kayu manis dan cengkeh. Tambahkan sedikit gula dan garam. Selanjutnya tunggu hingga matang dan setup rambutan siap untuk disajikan. Kandungan cengkeh yang ada didalam setup dapat membantu mengurangi rasa batuk alami. 

Manfaat buah rambutan 

Buah rambutan sekilas memang mirip dengan buah leci. Namun keduanya sangat berbeda karena rambutan memiliki rambut pada kulitnya. Tidak banyak orang yang tahu jika rambutan adalah buah super yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Rambutan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah manfaat buah rambutan untuk kesehatan antara lain:

  • Menjaga sistem kekebalan tubuh 

Rambutan dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dikarenakan rambutan memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat menjaga dan melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Antioksidan dalam rambutan berasal dari vitamin C . 

  • Melancarkan pencernaan 

Rambutan mengandung serat yang tidak larut dalam air. Serat tersebut tidka dapat menyatu dengan air sehingga akan langsung melewati sistem pencernaan. Hal tersebut akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Sehingga dapat menghilangkan rasa sembelit atau susah buang air besar.

  • Menurunkan berat badan 

Manfaat rambutan selanjutnya ini banyak disukai oleh wanita yaitu dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan. Rambutan mengandung serat tinggi dan rendah kalori sehingga meskipun mengkonsumsi buah rambutan dalam jumlah banyak tidak akan membuat gemuk. Rambutan juga memiliki serat yang melimpah untuk nutrisi dalam tubuh. 

  • Kaya mineral 

Buah rambutan kaya akan vitamin dan mineral yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mineral utamanya berada pada kandungan tembaga di daging rambutan. Tembaga tersebut memiliki peran yang  sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel tubuh dan tulang, otak, dan jantung. 

  • Menangkal radikal bebas 

Seperti kebanyakan buah pada umumnya, rambutan juga sangat kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Buah rambutan mempunyai kandungan vitamin C sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas. Sehingga membuat tubuh dapat menyerap zat besi dengan lebih mudah. semakin banyak antioksidan di dalam tubuh, maka semakin dapat melindungi sel-sel dalam tubuh yang rusak akibat radikal bebas. 

  • Mencegah penyakit batu ginjal 

Rambutan termasuk salah satu buah yang dapat mencegah penyakit ginjal. Sebab rambutan mengandung mineral yang tinggi untuk mencegah terbentuknya gumpalan kristal mineral atau batu ginjal. 

Hindari buah rambutan 

Bagi orang yang sedang menderita batuk kering atau batuk berdahak tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah rambutan terlebih dahulu. Sebab dikhawatirkan buah rambutan yang mengandung glukosa alami akan semakin meningkatkan produksi dahak atau lendir pada penderita batuk berdahak. Namun Anda tetap bisa merasakan manisnya buah rambutan setelah rasa batuk sudah reda.

Meskipun tidak sedikit juga yang tidak mempunyai masalah setelah mengkonsumsi buah rambutan, tetap tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah rambutan terlalu banyak atau berlebihan. Hal tersebut justru nantinya bisa membahayakan kesehatan.