Kuliner Khas Gunung Kidul Jogja

By | March 19, 2021
Spread the love

Kuliner Khas Gunung Kidul Jogja – Gunung Kidul merupakan salah satu daerah yang ada di Jogja. Daerah ini terkenal dengan wisata laut dan pantainya yang indah. Namun selain itu Gunung Kidul juga memiliki berbagai macam hidangan khas yang perlu Anda coba. Berikut adalah 10 hidangan dari Gunung kidul yang bisa Anda coba.

Daftar Kuliner Khas Gunung Kidul Jogja yang Tradisional

  • Urap Trancam

Untuk Anda yang menyukai sayuran, maka hidangan yang satu ini akan sangat cocok. Namanya adalah urap trancam. Hidangan ini biasanya menggunakan bahan utamanya adalah dari parutan kelapa. Namun sebelumnya parutan kelapa akan dimasak dengan beberapa campuran bumbu. Nantinya bumbu urap juga akan digunakan dengan untuk campuran sayur mentah seperti kacang panjang, mentimun dan daun kemangi.

Kacang panjang, mentimun dan daun kemangi tersebut dipotong kecil seperti cincangan kasar. Hasilnya sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat dan sambal untuk rasa segar dan pedasnya.

  • Oseng Bunga Pepaya

Kebanyakan orang enggan untuk mengonsumsi hidangan ini karena rasanya yang pahit. Namun berbeda dengan hidangan dari Gunung Kidul ini. Oseng pepaya khas dari Gunung Kidul sangat lezat untuk dinikmati. Bahkan cita rasanya tidak ada pada tempat yang lain.

Oseng pepaya ini biasanya akan ditumis dengan rempah-rempah atau bumbu yang khas. Rempah khas tersebut yang bias menghasilkan cita rasa gurih, sedap dan sedikit pahit. Biasanya akan sangat cocok dengan nasi hangat dan sambal bawang yang segar.

  • Sego Abang Gunung Kidul

Selanjutnya ada hidangan bernama sego abang Gunung Kidul. Sesuai dengan namanya, maka sego tersebut berasal dari nasi merah. Uniknya, masyarakat Gunung Kidul sendirilah yang memproduksi atau menanam nasi merah tersebut. Hal ini karena daerah tersebut memiliki tanah dengan curah hujan rendah dan berbatu.

Nasi merah ini akan menghasilkan nasi dengan rasa yang lebih gurih daripada nasi putih biasanya. Nasi merah juga akan bagus untuk Anda yang sedang diet. Cukup banyak yang jual kuliner khas Gunung Kidul ini dengan berbagai macam jenis lauk pauk pendamping.

  • Jangan Lombok Ijo

Jangan Lombok ijo atau sayur cabai hijau adalah makanan khas dari Gunung Kidul selanjutnya. Hidangan ini hampir sama dengan sayur Lombok ijo dari Wonogiri. Hanya saja dari Gunung Kidul ini memiliki cita rasanya yang khas. Kuah santan dengan cabai hijau akan memberikan rasa yang khas dan gurih. Terutama ketika menggunakan nasi hangat dan sambal hijau sebagai pendampingnya.

  • Walang Goreng

Selain makanan berat, Gunung Kidul juga memiliki hidangan berupa camilan yaitu walang goreng. Walang goreng atau belalang goreng memang makanan yang khas dari Gunung Kidul. Mungkin beberapa orang akan merasa geli untuk mendengar hal tersebut. Tapi ketika sudah mencicipinya, maka Anda akan tertarik dan ketagihan dengan rasanya.

Walang goreng ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dan bagus untuk tubuh. Terutama kandungannya berupa protein yang tinggi. Walang goreng tersebut menggunakan bumbu yang khas sehingga rasanya juga gurih dan renyah. Anda juga bisa pesan kuliner khas Gunung Kidul Jogja ini dengan mudah.

Baca juga : Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Pusat

  • Kelelawar Bacem

Selain ada walang goreng yang cukup menarik, juga ada kelelawar bacem yang mungkin cukup aneh. Hewan kelelawar memang tidak umum sebagai makanan. Namun justru Gunung Kidul memiliki hidangan ini. kelelawar akan dimasak dengan bumbu bacem biasanya yang memiliki rasa manis dan gurih.

Kelelawar tersebut akan dibuang kulitnya terlebih dulu dan dicuci sampai habis. Nantinya kelelawar akan direbus dengan bumbu bacem. Ketika sudah matang maka akan digoreng.

  • Glinding Burung Dara

Hidangan kuliner yang satu ini memiliki tampilan yang sama seperti bakso. Hanya saja sesuai dengan namanya, maka jenis dagingnya adalah dari daging burung dara. Namun sekarang ini sudah mulai berkurang karena sedikit penjualnya. Anda bisa memesannya melalui catering saja.

Haluskan daging burung dara dan campurkan dengan bumbu dan parutan kelapa. Kemudian buat bentuk bola seperti bakso pada umumnya. Kuliner khas Gunung Kidul Jogja murah ini cukup terjangkau. Anda juga bisa menambahkan dengan beberapa pendamping bakso biasanya seperti tahu, mie dan sayuran.

  • Gatot

Selain hidangan berat Gunung Kidul juga memiliki hidangan ringan yang khas bernama gatot. Gatot tersebut terbuat dari singkong yang proses pembuatannya dengan dikukus dan menggunakan gula merah. hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan. Biasanya juga menggunakan kelapa parut sebagai taburan untuk bagian atasnya.

  • Jangan Lombok Ijo

Jangan lombok ijo atau sama dengan sayur cabai hijau ini cocok disajikan dengan nasi hangat. Sajian ini memiliki cita rasa yang gurih karena menggunakan santan dan cabai ijo sebagai kuah. Untuk bagian isiannya, bisa menggunakan tahu, tempe dan kacang panjang.

Biasanya selain lauk tersebut juga bisa menggunakan petai dan ikan asin untuk menambah rasa gurihnya. Hidangan ini akan mudah Anda temukan pada warung makan pinggir jalan atau pasar tradisional.

  • Sambal Goreng Krecek

Hidangan terakhir yang khas dari Gunung Kidul adalah sambal goreng krecek. Sesuai dengan namanya, maka hidangan ini juga memiliki rasa yang pedas. Sehingga akan cocok untuk Anda yang menyukai rasa pedas. Sambal goreng krecek ini banyak dihidangkan dengan tempe dan juga nasi hangat yang lebih menggugah selera.

Demikian artikel mengenai 10 kuliner khas Gunung Kidul Jogja yang mungkin akan bermanfaat untuk Anda.