Ikan Kembung Pesmol Lezat Khas Jawa Barat

By | August 15, 2019
Spread the love

Ikan kembung termasuk jenis ikan yang banyak tersedia di sekitar Kita. Bahkan bukan hanya itu saja, harganya yang murah dengan daging yang banyak serta sedikit duri membuat banyak ibu rumah tangga memilih ikan ini untuk dimasak di rumah untuk keluarga. Dan salah satu resep olahan ikan kembung adalah ikan kembung pesmol.

Ini adalah jenis resep yang berasal dari daerah Jawa Barat yang memiliki cita rasa khas manis, gurih, asam dan pedas. Bagi Anda pecinta bumbu rempah khas Indonesia tentunya akan sangat menyukai masakan ini karena rasanya yang kaya rempah. Salah satu bumbu yang sangat khas pada resep pesmol adalah kunyit.

Bumbu dapur yang berwarna kuning alami ini memang banyak dipakai pada masakan yang memiliki bau yang cukup tajam.  Selain itu kunyit juga bisa mengurangi bau amis pada ikan secara alami.

Resep Ikan Kembung Pesmol Lezat Khas Jawa Barat

Rasa gurih alami membuat pesmol ikan kembung banyak menjadi menu masakan di berbagai rumah makan. Menu ini sangat enak untuk dinikmati bersama dengan nasi putih yang hangat. Dan meski terbuat dari ikan namun tetap bercita rasa segar karena adanya tambahan air jeruk nipis. Berikut beberapa cara membuat resep masakan ikan kembung pesmol yang mudah dan sederhana.

  • Bersihkan ikan kembung

Cara yang pertama adalah dengan membersihkan ikan kembung dari isi perut dan sisiknya. Cuci di bawah air mengalir kemudian kerat-kerat badan ikan dengan pisau. Kucuri dengan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis ikan. Kemudian beri bumbu garam, merica dan penyedap makanan. Goreng hingga kering dan matang.

  • Siapkan bumbu

Bumbu yang dipakai untuk membuat pesmol ikan kembung adalah bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, merica, ketumbar dan kemiri. Haluskan bumbu kemudian tumis bumbu hingga mengeluarkan bau harum. Jangan lupa masukkan serai dan daun jeruk ke dalam tumisan bumbu.

  • Masukkan ikan kembung

Setelah bumbu tumis siap, masukkan cabai rawit dan bawang merah yang masih utuh. Aduk hingga cabai rawit dan bawang merah terlihat layu. Masukkan air secukupnya. Kemudian setelah air dan bumbu mendidih masukkan ikan kembung yang sudah digoreng. Masak hingga kuah agak menyusut dan memiliki tekstur yang kental. Penggunaan bawang merah kecil dan cabe rawit utuh bukan hanya untuk hiasan saja namun juga penambah selera agar supaya masakan terlihat lebih menggugah selera makan.

Tips Memilih Ikan Kembung Yang Segar

Meski ikan kembung termasuk jenis ikan yang banyak dijual di pasar, namun sebaiknya Anda mengetahui bagaimana ciri ikan kembung yang segar untuk menghasilkan cita rasa masakan yang lezat dan enak. Jika memungkinkan beli ikan kembung di pasar khusus ikan. Dengan begitu Anda bisa membeli ikan kembung dengan leluasa dan memilih sesuka hati Anda.

Pilih ikan kembung yang memiliki mata jernih dan kulit segar. Anda juga bisa cek dagingnya, jika daging kenyal dan memiliki elastisitas yang baik itu berarti ikan masih segar. Namun jika ditusuk dengan jari ternyata daging penyok dan lama kembali ke bentuk semula berarti itu bukan ikan yang segar. Pilih juga ikan yang memiliki bau air laut yang segar.

Itulah beberapa tips untuk memilih ikan kembung yang segar. Dengan memilih ikan kembung yang segar otomatis olahan pesmol Anda juga dijamin akan memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat. Jangan lupa untuk menyajikannya bersama lauk pauk lainnya sehingga kenikmatan makan bersama keluarga pun bertambah.