Faktor Utama Yang Pengaruhi Harga Nasi Tumpeng

By | April 23, 2020
Spread the love

Apakah Anda saat ini sedang berencana untuk mengadakan sebuah acara spesial baik di rumah atau kantor Anda? Kami merekomendasikan untuk gunakan nasi tumpeng sebagai pelengkap dalam acara Anda. Jangan khawatir, karena Harga Nasi Tumpeng di Jakarta tergolong harga yang terjangkau ketimbang Anda menggunakan jenis makanan modern lainnya. Lalu apa sebenarnya faktor utama yang mempengaruhi harga pemesanan nasi tumpeng tersebut?

Faktor Utama Yang Mempengaruhi Harga Nasi Tumpeng yang Ada di Jakarta

Harga dari nasi tumpeng yang ditawarkan oleh jasa katering pembuatan nasi tumpeng memang berbeda-beda. Adanya perbedaan tersebut jelas dikarenakan masing-masing jasa layanan memiliki kualitas layanan sekaligus kualitas produk yang berbeda. Ada juga yang mematok harga murah dan terjangkau karena usaha mereka terbilang masih baru dibidang tersebut. Namun ternyata ada faktor lainnya yang menyebabkan harga nasi tumpeng berbeda.

 1.  Jenis nasi tumpeng

Faktor pertama yang mempengaruhi harga nasi tumpeng adalah faktor jenis nasi tumpeng. Kita akan menemukan dua jenis nasi tumpeng dengan varian Harga Nasi Tumpeng di Jakarta yang berbeda tentunya. Dua jenis nasi tumpeng tersebut adalah nasi tumpeng tradisional dan modern.

Untuk jenis nasi tumpeng tradisional jelas memiliki harga yang jauh lebih murah karena selain penggunaan bahan yang sederhana, menu lauk pendampingnya pun jenis lauk yang umum ada di dalam menu nasi tumpeng. Berbeda dengan nasi tumpeng modern, dimana bentuk, jenis nasi dan jenis lauk pendamping sesuai dengan pesanan pembeli.

 2. Faktor jumlah porsi

Faktor yang kedua adalah faktor jumlah porsi nasi tumpeng. Nasi tumpeng bisa Anda pesan dalam bentuk mini atau porsi besar sesuai dengan kebutuhan Anda. Umumnya nasi tumpeng disajikan dalam sebuah wadah bundar tipis dengan gunungan nasi tumpeng berada di bagian tengah dan lauk pauknya berada mengitari nasi tumpeng.

Nah jumlah nasi yang dibuat menjadi gunungan sekaligus lauk pauknya menyesuaikan dengan pesanan pembeli. Apakah memesan sejumlah tamu yang datang atau hanya memesan dengan porsi kecil dengan tujuan nasi tumpeng hanya sebagai simbol saja. Sedangkan untuk para tamu akan disajikan dalam bentuk prasmanan atau nasi box.

 3.  Faktor menu pilihan

Faktor menu lauk pendamping nasi tumpeng menjadi faktor ketiga yang mempengaruhi Harga Nasi Tumpeng di Jakarta. Misalnya saja untuk setiap jenis paket yang ditawarkan dari pihak layanan jasa katering nasi tumpeng, tentunya setiap paket memiliki pilihan menu lauk pendamping yang berbeda. Belum lagi jika menu yang diminta ternyata custom atau pesanan khusus dari pembeli.

Tahukah Anda, Makna Dibalik Sajian Nasi Tumpeng Tradisional

Itulah beberapa faktor yang secara tidak langsung mempengaruhi harga dari paket nasi tumpeng yang bisa dipesan di Jakarta. Pastinya Anda lebih tertarik untuk memesan nasi tumpeng untuk acara spesial Anda bukan? Untuk lebih mantapnya, ketahui juga tentang apa makna tersembunyi di balik penyajian nasi tumpeng tradisional yang khas dan elegan tersebut.

Makna yang pertama adalah dari gunungan nasi tumpeng. Biasanya gunungan nasi tumpeng terbuat dari nasi putih yang gurih, nasi kuning atau bisa juga dengan menggunakan nasi merah. Gunungan ini  melambangkan bahwa sesuatu yang bisa dimakan atau dikonsumsi harus diambil dari sumber yang bersih dan halal. Bentuk kerucut merupakan sebuah pengharapan agar supaya pemilik acara bisa hidup dengan sejahtera.

Kemudian untuk makna yang selanjutnya adalah dari menu lauk pauk yang disajikan. Jika sesuai dengan tradisi nasi tumpeng maka lauk pauk yang ada adalah berjumlah 7 lauk yang berarti pitulungan atau pertolongan dari sang Kuasa. Tentunya jenis dan macam lauknya lengkap terdiri dari lauk ayam, telur, ikan, sayur mayur, olahan bahan makanan yang ditanam dari tanah dan lainnya.

Untuk ayam biasa disajikan dalam bentuk ayam utuh atau ingkung, sedangkan yang lainnya menyesuaikan dengan adat tradisi setempat. Demikian ulasan singkat tentang faktor yang pengaruhi Harga Nasi Tumpeng di Jakarta sekaligus makna dibalik penyajian nasi tumpeng tradisional.