Ciri Khas Nasi Tumpeng

By | September 1, 2019
Spread the love

Nasi tumpeng dianggap khas dari Jawa dan juga khas masyarakat Betawi yang merupakan keturunan Jawa. Biasanya kuliner Nasi Tumpeng Kebuli ini dibuat saat terdapat perayaan tertentu atau suatu acara penting. Meski demikian, ada banyak jenis acara sekarang ini yang sering menggunakan kuliner nasi tumpeng ini sebagai media acaranya. Tumpeng ini disajikan di atas wadah tampah atau wadah tradisional yang berbentuk bundar dan dibuat dengan anyaman bambu dimana wadah tersebut sudah dialasi dengan daun pisang.

Resep Nasi Kebuli Tumpeng

Ada banyak varian nasi tumpeng salah satunya yaitu nasi kebuli tumpeng. Nasi kebuli ini merupakan salah satu kuliner dari Timur Tengah yang memiliki aroma rempah yang kuat dan biasanya disajikan pada saat terdapat acara syukuran. Dalam menyajikan nasi kebuli ini, cara penyajian bentuk tumpeng dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa membuat nasi kebuli tumpeng daging kambing dengan resep di bawah ini.

  1. Bahan Nasi Kebuli Tumpeng

Ada beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi kebuli tumpeng daging kambing ini yaitu sebagai berikut.

– daging kambing 100 gr yang dipotong dadu menjadi ukuran 2 cm x 2 cm x 2cm

– daun salam 2 lembar

– air 1000 ml

– cengkih 5 butir

– beras 300 gr

– jahe 2 cm yang dimemarkan

– kayu manis 2 cm

– pala 1/4 butir dimemarkan

– pekak 1 buah

– serai 1 batang yang dimemarkan

– kismis 100 gr

– kapulaga 2 butir

– daun salam 1 lembar

– daun jeruk 4 lembar yang dibuang tulangnya

– garam 1 sdt

– santan 600 ml

– merica bubuk 1/4 sdt k

– minyak 1 sdm untuk menumis

  1. Bahan Bumbu Halus Dan Bahan Pelengkap Nasi Kebuli Tumpeng

Sedangkan untuk membuat bumbu halus kuliner Nasi Tumpeng Kebuli ini yaitu sebagai berikut.

– bawang merah 3 butir

– bawang putih 2 siung

– jintan 1/4 sdt

– ketumbar 1 sdt

– kunyit 3 cm

– adas 1/4 sdt

– jahe 1 cm

Sementara bahan pelengkapnya antara lain:

– Spicy wing yang digoreng

– Perkedel kentang

– Ikan asin digoreng

– Udang tepung goreng

– Urap sayuran

  1. Cara Membuat

Pertama-tama, Anda bisa merebus daging kambing memakai air, cengkih, daun salam, dan juga jahe sampai matang. Lalu selanjutnya Anda bisa memanaskan minyak, lalu tumislah bumbu halus, cangkih, kayu manis, pekak, pala, serai, kapulaga, daun salam, dan daun jeruk sampai harum. Lalu tambah daging kambing dan aduk sampai merata. Tahap selanjutnya yaitu dengan memasukkan santan, merica bubuk dan garam. Masaklah hingga mendidih lalu masukkan beras dan masak sampai meresap.

Langkah yang selanjutnya yaitu angkat nasi dan kukus sekitar 45 menit sampai matang. Angkatlah dan tambah kismis lalu aduk hingga rata. Siapkanlah cetakan tumpeng dan masukan nasi di dalamnya, lalu tekan dan dipadatkan. Selanjutnya untuk penyajian, siapkanlah tampah dan alasi dengan daun pisang lalu hias dengan memakai daun pisang yang dilipat. Selanjutnya letakkanlah nasi, dan susun pelengkapnya. Setelah semuanya selesai maka Nasi Tumpeng Kebuli ini siap untuk disajikan.